11 Alat Pelindung Diri Yang Paling Dibutuhkan Saat Bekerja

Dunia proyek merupakan salah satu sektor ketenagakerjaan tertinggi yang sering terjadi kecelakaan kerja. Oleh karena itu banyak orang yang jual sepatu safety contohnya untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja di proyek. Selain itu perlu disediakan alat pelindung diri (APD) kepada karyawan (kontraktor) proyek. Alat Pelindung Diri (APD) adalah alat berfitur yang melindungi orang yang memiliki kemampuan untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya di tempat kerja. Berikut ini dijelaskan jenis-jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang biasa digunakan di dunia proyek dan fitur-fiturnya.

Read More

1. helm

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa kepala ada bagian yang paling vital dan rentan di tubuh manusia. Bekerja pada proyek bangunan seperti gedung tinggi, tentu akan sangat rawan tertimpa benda dari ketinggian. Oleh sebab itu helm sangat dibutuhkan untuk mencegah hal berbahaya tersebut.

2. Sabuk pengaman

Sabuk pengaman juga dibutuhkan apabila kamu bekerja di ketinggian. Sabuk pengaman akan mencegah kamu jatuh pada saat bekerja.

3. Sepatu pengaman

Sepatu keselamatan dirancang untuk mencegah kecelakaan kaki yang fatal yang disebabkan oleh benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.

4. Sepatu pendek

Wellington (sepatu bot) adalah alas kaki yang dirancang khusus untuk pekerja di area basah (berlumpur atau berlumpur). Kebanyakan sepatu bot karet dilapisi dengan logam untuk melindungi kaki Anda dari benda tajam dan berat, benda panas, dan bahan kimia.

5. Sarung Tangan

Bertindak sebagai pelindung tangan saat bekerja di lokasi atau situasi yang dapat menyebabkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan disesuaikan dengan fungsi masing-masing tugas.

6. Masker (pernapasan)

Saat bekerja di kualitas udara yang buruk (berdebu, beracun, dll.), ia bertindak sebagai filter udara masuk.

7. Jas Hujan

 Melindungi dari percikan saat bekerja (misalnya bekerja di bawah hujan atau membersihkan alat).

8. Kacamata

Berfungsi sebagai pelindung mata saat bekerja (pengelasan, dll).

9. Penyumbat telinga

Bekerja di proyek pasti akan sangat dekat dengan benturan dan gesekan akibat daripada pekerjaan yang terkadang hal tersebut mengganggu kita. Mendengar suara yang keras terus menerus tentu dapat membahayakan telinga kita. Oleh sebab itu kita membutuhkan penyumbat telinga.

10. helm las

Helm las berbeda dengan helm biasa. Helm las ini memiliki fungsi sebagai pelindung wajah terhadap cipratan benda asing selama bekerja (pekerjaan gerinda, dll).

11. Pelampung

 Pelampung melindungi pengguna yang bekerja di air atau permukaan untuk menghindari risiko tenggelam, menyesuaikan daya apung pengguna untuk tenggelam (daya apung negatif) atau berenang di posisi (daya apung netral), dirancang untuk dapat mengapung

Itu dia 11 alat pelindung diri yang sangat dibutuhkan dalam pengerjaan banyak proyek. Dalam hal ini perusahaan harus bisa menyediakan APD tersebut untuk karyawan mereka dengan cara mendata jumlah pekerja kemudian memesan alat tersebut kepada yang bersangkutan. Pembayaran juga saat ini bisa menggunakan digital banking untuk transaksi dalam jumlah besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.